Benarkah jus buah dalam kemasan menyehatkan? Konsultan Training ISO 9001 | 14001 | 18001 | 27001 | 22001

Benarkah jus buah dalam kemasan menyehatkan?

[ Adv : konsultan trainingiso ]

Saco-Indonesia.com - Di jaman yang serba modern dan orang-orangnya memiliki aktivitas segunung seperti saat ini, hal-hal yang praktis menjadi yang paling dicari untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya ditunjukkan dengan semakin banyaknya produk-produk instan, terutama dalam hal makanan dan minuman.

Tak hanya vitamin yang dikemas praktis dalam bentuk suplemen, minuman seperti jus buah pun telah banyak diproduksi dalam kemasan. Hal ini tentu memudahkan karena tak membuat orang repot membuat jus buah sendiri dan bisa dikonsumsi sambil mengerjakan hal lainnya.

Namun, di balik semua kepraktisan yang ditawarkan oleh produk-produk minuman jus buah, apakah jus dalam kemasan tersebut cukup sehat untuk dikonsumsi? Kita tahu bahwa semua makanan kemasan pasti mengandung bahan pengawet. Bagaimana kita mengetahui bahwa jus tersebut dibuat dari buah asli dan nutrisi di dalamnya masih utuh?

Boldsky (18/03) memberikan beberapa cara untuk membantu Anda menentukan apakah jus buah kemasan yang Anda beli di swalayan cukup sehat untuk dikonsumsi dan membandingkannya dengan jus buah asli, berikut ini.

1. Baca labelnya
Semua jus buah kemasan pasti memiliki gambar buah-buahan segar di kemasannya. Namun jangan tertipu dengan gambar yang mengundang selera itu. Anda hanya perlu menemukan tulisan dalam kemasan tersebut. Pastikan dalam kemasan tersebut tertulis jelas "jus buah" dan bukannya "minuman buah." Jika yang Anda beli bertuliskan "minuman buah" sudah jelas yang ada di dalamnya bukan jus buah yang Anda harapkan.

2. Baca komposisi
Apa yang diharapkan seseorang ketika membeli jus buah kemasan? Mereka tentu berharap di dalamnya terdapat jus buah. Namun sayangnya tak semua jus buah kemasan semacam itu. Yang ada di dalamnya adalah air, konsentrat buah, dan penambah rasa yang akan memberikan rasa buah yang Anda inginkan. Belum lagi ditambah dengan mineral dan vitamin, serta tambahan pemanis buatan, sirup gula, dan pengawet.

3. Bandingkan rasa
Indera perasa manusia tak bisa berbohong. Lakukan tes sederhana untuk membandingkan rasa jus buah sungguhan yang Anda buat sendiri dengan jus buah kemasan yang Anda beli. Anda akan menyadari perbedaan rasa dari keduanya. Tinggal pilih mana yang paling Anda sukai.

4. Bandingkan masa kedaluwarsa
Berapa lama jus buah segar bisa bertahan lama? Tak lebih dari beberapa jam atau seharian. Bahkan faktanya, jus buah segar harus segera diminum dalam hitungan menit agar mendapatkan manfaat optimal di dalamnya. Sementara itu, jus buah kemasan bisa bertahan hingga sembilan bulan sampai satu tahun. Apakah mungkin jus buah kemasan ini asli? Anda sudah tahu jawabannya.

5. Cari bulir buah di dalamnya
Salah satu keunggulan jus buah yang asli adalah dari bulir buah yang ada di dalamnya. Tak ada jus buah kemasan yang mengandung bulir buah lebih banyak dari jus buah asli. Proses pengemasan jus buah akan mengambil semua manfaat kesehatan yang ada di dalamnya. Yang tersisa hanya kalori dan gula.

Poin-poin di atas sangat jelas dan bersifat mendasar. Semua orang tentu bisa mengerti mengapa jus buah kemasan tak lebih sehat dibandingkan dengan jus buah asli. Jika menginginkan manfaat terbaik dari buah, lebih baik pilih jus buah segar yang asli dibandingkan dengan kemasan. Akan lebih baik lagi jika Anda makan buah secara utuh, karena menjadikannya jus akan mengurangi nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Editor : Maulana Lee

Sumber : kompas.com

konsultan trainingiso

Support Online

PT BINTANG SOLUSI UTAMA
 
Email
1st.quality.training@gmail.com
 
Jakarta:
Indonesia Stock Exchange Tower 2, 17th Floor.
Jl. Jendral Sudirman Kav 52-53
(021) 5291 7466
 
Surabaya
Virto Office
Ruko Galaxy Bumi Permai Blok J1 No 23A-25 Surabaya
(031) 5967 623
 
Jogja
Jl Jodipati no 33 Pringgolayan, Sleman, Joga
0819 0592 3696
 
Ponsel
0819 0592 3696 (WA available)