Langkah-Langkah Sertifikasi ISO 9001 Langkah-Langkah Sertifikasi ISO 9001

Langkah-Langkah Sertifikasi ISO 9001

Langkah-Langkah Sertifikasi ISO 9001

Langkah-Langkah Sertifikasi ISO 9001

Apakah anda merupakan perusahaan yang hendak  memperoleh sertifikasi ISO 9001? Pada artikel ini, kami paparkan langkah-langkah untuk melaksanakan  serta menerima sertifikasi Quality Management System ISO 9001.
Pelaksanaan konsultasi dan pelatihan ISO 9001 dilakukan dengan membagi menjadi beberapa tahapan. Berikut penjelasannya  :

I.    Kick-Off Meeting & Gap analysist
Program dimulai dengan melaksanakan kick-off meeting yang merupakan tanda dimulainya program dan juga untuk melakukan sosialisasi awal ke seluruh karyawan  Perusahaan/organisasi bahwa Perusahaan/organisasi akan menjalankan implementasi dan sertifikasi ISO 9001. Hal ini penting dilakukan untuk memperoleh komitmen karyawan perusahaan serta untuk mendapatkan gambaran awal tentang ISO 9001 dan proses yang akan dilalui.
Gap analysis ditujukan untuk mengetahui kesenjangan antara persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001  dengan situasi perusahaan saat ini. Konsultan akan menganalisis proses, dokumentasi dan kemungkinan kebutuhan dokumen tambahan sesuai dengan persyaratan

 

 

III.    Tahapan penyusunan dokumen dan pemenuhan persyaratan ISO 9001

Konsultan akan melakukan konsultasi serta membantu persiapan dokumen yang diperlukan guna memenuhi persyaratan standar ISO 9001.

 

IV.    Tahapan Sosialisasi dan Implementasi standard dan prosedur
 
Selamat atas penyelesaian desain dan dokumentasi SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001. Ini adalah waktu untuk mengkomunikasikan penghargaan dan pujian kepada semua orang yang terlibat!

Sosialisasikanlah prosedur dan instruksi kerja yang berlaku.Tiap orang dalam organisasi Anda wajib melakukan proses seperti dengan prosedur yang telah didokumentasikan dan instruksi kerja, guna mematuhi persyaratan Sistem Manajemen Mutu.

Konsultan akan mendampingi perusahaan dalam melakukan sosialisasi yang melibatkan seluruh karyawan.

 

V.    Tahapan Evaluasi Sistem Manajemen
Untuk melakuykan evaluasi pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu, diperlukan audit internal yang diawali dengan training ISO 9001 internal auditor  sehingga audit yang akan dilaksanakan mencapai hasil yang diinginkan. Internal Audit dilakukan untuk menilai kesesuaian, mengevaluasi efektivitas serta mengidentifikasi kemungkinan untuk perbaikan. Audit internal juga memudahkan Anda mempersiapkan untuk audit eksternal. Selama audit internal Anda akan membandingkan sistem mutu  Anda terhadap persyaratan standar. Anda akan menyeleksi sekelompok auditor internal dari dalam perusahaan Anda untuk melakukan audit.

Hasil internal audit adalah salah satu hal yang dibahas pada Rapat Tinjauan Manajemen yang akan didampingi konsultan. Dengan evaluasi ini maka dimungkinkan perbaikan dari proses pada organisasi anda

 

VI.    Tahapan sertifikasi
Sekarang saatnya mengundang badan sertifikasi ISO 9001 untuk menilai Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 anda. Pada tahapan ini akan terdapat temuan audit dari auditor eksternal. Kami akan membantu anda untuk menyelesaikan temuan audit tersebut. Setelah temuan audit ditindaklanjuti, saatnya untuk mendapatkan sertifikat.

Selamat kini anda telah mendapatkan sertifikat ISO 9001, lakukanlah terus peningkatan untuk mencapai hasil yang anda inginkan.

Support Online

PT BINTANG SOLUSI UTAMA
 
Email
1st.quality.training@gmail.com
 
Jakarta:
Indonesia Stock Exchange Tower 2, 17th Floor.
Jl. Jendral Sudirman Kav 52-53
(021) 5291 7466
 
Surabaya
Virto Office
Ruko Galaxy Bumi Permai Blok J1 No 23A-25 Surabaya
(031) 5967 623
 
Jogja
Jl Jodipati no 33 Pringgolayan, Sleman, Joga
0819 0592 3696
 
Ponsel
0819 0592 3696 (WA available)